Menuju Lembaga PAUD Berkualitas Dengan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Selasa, 26 Juli 2022 - 15:02:25 WIB
Diposting oleh : Administrator Kategori: BIDANG P2PNF - Dibaca: 37 kali

Menuju Lembaga PAUD Berkualitas Dengan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Tegal - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si meminta kepada PAUD agar lebih berkualitas, dirinya menyoroti 8 indikator layanan esensial anak usia dini di luar Pendidikan

“Dalam upaya mewujudkan Lembaga PAUD Berkualitas, maka dukungan pemenuhan layanan esensial anak usia dini di luar Pendidikan tergambar dalam 8 (delapan) indikator di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK),” ucap M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si.

Hal tersebut disampaikan saat membuka Bimbingan Teknis Pengembangan Anak Usia Dini holistik Integratif (PAUD HI)  tahun 2022 yang akan dilaksanakan dari tanggal 25 - 27 Juli 2022 dan diikuti oleh 110  perwakilan lembaga PAUD di Kota Tegal, Senin (25/07/2022) di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Komplek Balaikota Tegal

M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si menjelaskan pemenuhan indikator ini dapat diukur melalui input data DAPODIK oleh Satuan PAUD sehingga hasil pendataaan pemenuhan indikator ini dapat juga menjadi potret sejauh mana satuan PAUD berupaya menurunkan angka stunting

Delapan indikator yang dimaksud oleh Kadisdikbud tersebut adalah kelas orang tua, wahana untuk berbagi informasi mengenai kebutuhan esensial anak (intervensi gizi-sensitif), pemantauan Pertumbuhan Anak (tinggi/ berat badan dan lingkar kepala), pemantauan Perkembangan Anak (DDTK/KPSP/KMS/KIA/ KKA), berkoordinasi dengan unit lain terkait pemenuhan gizi dan kesehatan.

Juga penting menerapkan PHBS melalui pembiasaan, memberikan PMT dan/atau makanan bergizi secara berkala (minimal 3 bulan sekali), memantau kepemilikan identitas (NIK) peserta didik dan Ketersediaan fasilitas sanitasi dan air bersih (minimal, menggunakan material sederhana dan ada air mengalir.

Narasumber kegiatan PAUD HI, Cipto Budi Utomo M.Pd yang juga merupakan penilik PAUD Kota Tegal menargetkan semua sudah melaksanakan di akhir tahun.

“Setelah Bimtek selanjutnya ada pendampingan pelaksanaan PAUD HI di 110 lembaga PAUD di Kota Tegal, target akhir bulan November dengan harapan semua lembaga sudah menerapkan PAUD HI” ucap Cipto.



Berita terkait :




Bagikan berita ini :

Blogger WordPress WhatsApp Plurk Email Google+ Facebook Twitter Addthis

Like this :