Disdikbud Kota Tegal Lakukan Pembinaan PPPK

Rabu, 15 Juni 2022 - 18:26:03 WIB
Diposting oleh : Administrator Kategori: BIDANG PPTK - Dibaca: 31 kali

TEGAL – Pembinaan PPPK Pemerintah Kota Tegal Khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Selasa (14/06/2022) di Ruang Adipura Komplek Balaikota Tegal, dilaksanakan dalam rangka sosialisasi PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang PPPK, serta memberikan pembinaan terkait peningkatan kompetensi Guru dalam menyambut pemberlakuan Kurikulum Merdeka dan pembentukan Pelajar Pancasila tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal yang diwakili oleh Sekretaris Dinas.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas, Herlien Tjokrowati juga menyampaikan materi terkait Dana Sosial. Dimana Filosofi Dana Sosial adalah membantu meringankan beban sesama dalam bentuk sumbangan uang duka/ uang takziyah kepada keluarga peserta yang meninggal dunia,

“Jadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah mengawali takziah bersama yang terkoordinasi dalam bentuk menghimpun dan menyerahkan uang duka yang kemudian disebut Dana Sosial Setia Kawan ( Dansos Setia Kawan),” ucap Herlien Tjokrowati

Herlien Tjokrowati juga menambahkan, Dansos Setia Kawan adalah untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, mempererat rasa persaudaraan dan kepedulian sesama peserta dengan mengumpulkan sumbangan uang duka dari seluruh peserta dan menyerahkan sumbangan tersebut melalui mekanisme tertentu kepada ahli waris atau yang berhak menerima.

“Legalitas Paguyuban Dansos adalah terdiri dari . Akte Notaris, MoU antara Pengurus Dansos Propinsi dengan Disdik Prov. Jateng dan Kabuapten/ Kota dan dibantu dengan Buku Pedoman dan Petunjuk Pelaksanaan 2019 ( setiap Musprov disempurnakan) serta SK Pengurus Propinsi dari Kepala Disdikbud Prov Jateng selaku Pembina Dansos” tambah Herlien Tjokrowati.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Nur Vera Zenina, S.Kom dalam pembinaannya menyampaikan agar para Guru PPPK memahami dan mempedomani aturan dalam PP Nomor 49 Tahun 2018. Selain itu juga menyampaikan materi Guru menyongsong Kurikulum Merdeka dan pembentukan Pelajar Pancasila serta pentingnya Menjadi Guru Yang Selalu Dirindukan yaitu melalui 4 Kompetensi Guru seperti Kompetensi Pedagogik yaitu guru dituntut untuk memiliki kemampuan atau keterampilan mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan siswa.

Juga Kompetensi Kepribadian, ini berkaitan dengan karakter personal guru yang mencerminkan kepribadian positif yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai norma sosial & hukum, dan lain sebagainya.

“Untuk kompetensi Profesional adalah Sejauh mana seorang guru menguasai materi pelajaran yang diampu, berikut struktur, konsep, dan pola pikir keilmuannya. Dan penting juga seorang guru mempunyai Kompetensi Sosial yang berkaitan dengan keterampilan berkomunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas, yang bermuara pada pembentukan Pelajar Pancasila" Ucap Nur Vera Zenina, S.Kom



Berita terkait :




Bagikan berita ini :

Blogger WordPress WhatsApp Plurk Email Google+ Facebook Twitter Addthis

Like this :