Disdikbud Laksanakan Sosialisasi Publikasi Pelaksanaan Paud

Rabu, 15 Juni 2022 - 16:19:16 WIB
Diposting oleh : Administrator Kategori: BIDANG P2PNF - Dibaca: 40 kali

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Kota Tegal Bidang Pembinaan Paud dan Non Formal (P2NF) melaksanakan kegiatan Publikasi dan Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini “Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif, Penanggulangan Stunting, Peran Bunda Paud”, Rabu (15/06/2022) di Pendopo Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

Bertindak sebagai narasumber dalam acara tersebut Nutrisionis Puskesmas Tegal Timur, Dinas Kesehatan Kota Tegal, Srati Purwaningrum dengan materi Penanggulangan Stunting melaluiPeningkatan Gizi Keluarga Dengan Penerapan Pedoman Umum Gizi Seimbang dan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA), Trismanto Kota Tegal dengan materi Konsep Dasar Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif.

Kegiatan yang juga sudah dilaksanakan pada hari Selasa (14/06/2022) di Pendopo Kecamatan Margadana juga akan direncanakan dilaksanakan pada Kamis (16/06/2022) di Pendopo Kecamatan Tegal Barat dan hari Senin (20/06/2022) di Pendopo Kecamatan Selatan.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (P2NF), Dewi Umaroh, S.Psi., M.H, bahwa sesuai dengan Peraturan Wali Kota Tegal No 46 tahun 2020, setidaknya anak sudah merasakan pendidikan PAUD selama minimal satu tahun sebelum jenjang ke tingkat Sekolah Dasar.

“Diharapkan semua anak usia dini harus mengenyam pendidikan usia dini minimal satu tahun sebelum masuk ke sekolah dasar sesuai dengan perwal tersebut” ucap Dewi Umaroh.

Dewi Umaroh juga menjelaskan mengapa penting anak usia dini minimal bersekolah satu tahun sebelum masuk ke jenjang

“Jadi paud itu kan sarana anak anak untuk bermain sambil belajar, bersosialisasi karena kalau dirumah mainannya terbatas, kalau di PAUD anak-anak bisa bermain bebas, bisa bermain pasir, bisa bermain balok, bisa bermain diluar ruangan juga bersosialisasi dengan teman-teman sebaya” jelas Dewi Umaroh.

Sementara itu Camat Tegal Timur Zidni Nuriyantoro,SH menyampaikan bahwa,Kehadiran PAUD di Indonesia sesungguhnya dimulai sejak sebelum kemerdekaan. Pada masa ini setidaknya dapat ditelusuri melalui dua periode, yaitu pada masa pergerakan nasional pada penjajahan Belanda (1908-1941) dan masa penjajahan Jepang (1942-1945). Namun demikian, keberadaan PAUD di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan PAUD di dunia internasional.

Zidni Nuriyantoro juga menyampaikan untuk pengelolaan paud dibutuhkan orang orang yang berjiwa sosial dan mempunyai banyak waktu untuk mengurusnya

“Penyelenggaraan dan pengelolaan Paud butuh orang orang yang berjiwa sosial , Kober, pinter dan bener. Saya sangat Mengapresiasi kinerja bapak ibu yang mengelola PAUD, dan Alhamdulillah sudah di fasilitasi oleh Kemdikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen),” ucap Camat Tegal Timur, Zidni Nuriyantoro



Berita terkait :




Bagikan berita ini :

Blogger WordPress WhatsApp Plurk Email Google+ Facebook Twitter Addthis

Like this :