Disikbud Kota Tegal Fasilitasi Bimtek Verval Dapodik

Kamis, 02 Juni 2022 - 14:45:01 WIB
Diposting oleh : Administrator Kategori: BIDANG P2PNF - Dibaca: 36 kali

TEGAL – Verifikasi data pokok Pendidikan adalah kegiatan pengumpulan data untuk tujuan pemetaan, yakni untuk melihat kesesuaian data pokok pendidikan dengan kondisi nyata satuan pendidikan.

Hal tersebut terungkap saat diadakan Bimbingan teknis Verifikasi Dan Validasi Dapodik Satuan Paud Dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah, Kamis (02/06/2022) di Ruang Rapat Lantai 2 Setda Kota Tegal yang dihadiri oleh Pengawas, Penilik dan sejumlah Guru PAUD dan TK

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal yang diwakilkan kepada Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dra.Herlien Tjokrowati, mengatakan bahwa dengan adanya data yang valid diharapkan tidak ada lagi anak putus sekolah di Kota Tegal.

“Mudah mudahan itu semakin berkurang atau tidak ada anak putus sekolah sehingga mutu pendidikan di Kota Tegal semakin meningkat dari tahun ke tahun,” ucap Dra.Herlien Tjokrowati

Sementara itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (P2PNF), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dewi Umaroh, S.Psi., M.H, menyampaikan, bahwa dengan datangya pemateri di kota Tegal ini bayak hal yang didapat seperti memudahkan dalam penyelesaian kekeliruan.

“Kota Tegal memfasilitasi kegiatan tersebut, jadi ini keuntungan bagi kita supaya data Dapodik itu selalu Update, jika nanti ada kekeliruan kekeliruan bisa diarahkan dalam kegiatan ini” ucap Dewi Umaroh, S.Psi., M.H

Widiaprada PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah, Dra. Anik Sugianti, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan teknis tersebut sesuai dengan Semangat Satu Data Pendidikan Indonesi yang mengacu pada Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Permendikbud No. 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan.

Lebih lanjut, Dra. Anik Sugianti, M.Si juga menyampaikan Fungsi Dapodik yaitu untuk penyaluran BOS dan BOP, menentukan alokasi quota penerima tunjangan bagi pendidik yang memenuhi syarat, basisdata untuk zonasi, sistem validasi NISN, NPSN, NUPTK.

Juga menjadi acuan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek, mempercepat dan mengefektifkan pelaporan data satuan pendidikan ke Kemendikbudristek, meminimalisir penyimpangan dan pelanggaran, pengukuran mutu dan raport pendidikan untuk Dinas Pendidikan maupun PAUD dikmas.

“Berfungsi juga untuk monitoring dan evaluasi kebijakan-kebijakan dan program-program Kemdikbud, alokasi bantuan sarana dan prasarana bagi sekolah yang fasilitasnya belum memadai serta pemanfaatan akun belajar.id,” ucap Dra. Anik Sugianti, M.Si



Berita terkait :




Bagikan berita ini :

Blogger WordPress WhatsApp Plurk Email Google+ Facebook Twitter Addthis

Like this :