Jelang PPDB, Disdikbud Kota Tegal Lakukan Sosialisasi

Jumat, 20 Mei 2022 - 10:47:04 WIB
Diposting oleh : Administrator Kategori: BIDANG SEKRETARIAT - Dibaca: 55 kali

TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal laksanakan Sosialisasi Draft Perwal PPDB online tahun ajaran 2022/2023, Kamis (19/05/2022) di Ruang Rapat Lantai 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, serta disebarluaskan melalui zoom Meting kepada semua jenjang sekolah-sekolah dibawah binaan Disdikbud seperti TK, SD, SMP baik negeri maupun swasta.

Selain itu acara yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube dinas pendidikan dan kebudayaan kota Tegal juga diikuti oleh Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Camat dan Lurah Se-Kota Tegal dan masyarakat umum.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si bahwa bagi orang tua yang akan mendaftarkan anaknya harus selalu didampingi dan melihat potensi yang dimiliki anaknya.

“Dampingi putra-putri anda dengan baik, arahkan untuk bisa memilih sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh anak-anak tersebut ada 4 jalur dalam proses ppdb ini agar paling tepat dengan jalur apa,” ucap M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si.

Fahmi juga menambahkan, seleksi penerimaan peserta didik baru untuk semua jenjang sekolah (SD/MI dan SMP/MTs Negeri/Swasta) baik sistem non real time online(Manual) maupun sistem real time online(Online) menerima calon peserta didik dari jalur Zonasi, SD paling sedikit 70% (tujuhpuluh persen) dari total jumlah daya tampung sekolah.

Sedangkan jalur Zonasi, SMP paling sedikit 60% (enampuluh persen) dari total jumlah daya tampung sekolah, jalur Afirmasi, paling sedikit 15% (lima belas persen) dari total jumlah daya tampung sekolah.

Jalur Perpindahan Tugas Orangtua/Wali, palingbanyak 5% (lima persen) dari total jumlah daya tampung sekolah.

Penerimaan peserta didik baru untuk jenjang SMP Negeri Tahap I menggunakan jalur Zonasi, jalurAfirmasi dan Jalur perpindahan tugas Orang tua/Wali dengan paling banyak penerimaan peserta didik baru 80% (delapan puluh persen) dari daya tampung sekolah;

Penerimaan peserta didik baru untuk jenjang SMP Negeri Tahap II menggunakan jalur Prestasi paling sedikit, 20% (dua puluh persen) dari daya tampung sekolah dan untuk memenuhi jalur Zonasi, jalur Afirmasi dan Jalur perpindahan tugas orang tua/wali yang belum terpenuhi

“Untuk ppdb tingkat sd dioptimalkan agar anak anak bisa mendaftar sekolah terdekat dengan wilayah tempat tinggalnya karena zonasinya untuk anak sd 70 persen” tambah M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si

M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si juga berpesan kepada kepala sekolah dan guru untuk penerimaan anak SD tidak boleh dengan menggunakan seleksi akademik seperti baca, tulis, hitung.

“Seleksi akademik itu tidak boleh tapi seleksi berdasrkan permendikbud no 1 tahun 2021 menggunakan zonasi tadi, seperti kedekatan tempat tinggal dari sekolah dan kemudian dari sisi usia” pungkas M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si.



Berita terkait :




Bagikan berita ini :

Blogger WordPress WhatsApp Plurk Email Google+ Facebook Twitter Addthis

Like this :