Disdikbud Kota Tegal Laksanakan Sosialisasi Program Induksi Guru Pemula

Rabu, 18 Mei 2022 - 09:08:39 WIB
Diposting oleh : Administrator Kategori: BIDANG PPTK - Dibaca: 43 kali

TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal mengadakan Sosialisasi Program Induksi Guru Pemula (PIGP) bagi guru PNS dan PPPK tahun 2022, Selasa (17/05/2022) di Ruang Rapat Adipura Komplek Balaikota, Kota Tegal.
Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si. dan bertindak sebagai narasumber, Pengawas SMP Kota Tegal, Amin Aziz, M.Pd.
Acara direncanakan akan berlangsung selama 3 kali pertemuan yaitu pada hari Selasa 17 Mei, Kamis, 19 Mei dan pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 dan diikuti oleh peserta sejumlah 147 guru PPPK dan 1 guru PNS
Program PIGP ini mempunyai kekuatan hukum sangat kuat, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal bahwa dalam regulasi Pemerintah melalui Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 yaitu tentang guru dan dosen, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, serta Permendiknas Nomor 27 tahun 2010 tentang program Induksi Guru Pemula.
“Salah satu persyaratan Aparatur Sipil Negara yang diangkat pertama kali dalam Jabatan Fungsional Guru, harus memiliki kinerja yang baik yang dinilai dalam masa Program Induksi” ucap M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si.
Lebih lanjut M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si. menyampaikan, Program Induksi bagi guru pemula yang selanjutnya disebut Program Induksi adalah kegiatan orientasi, pelatihan ditempat kerja, pengembangan dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran bagi guru pemula pada sekolah/madrasah di tempat tugasnya.
“Tolok ukur keberhasilan pelaksanaan program induksi guru pemula ini adalah, sejauh mana guru dapat menyerap materi-materi pembimbingan selama masa induksi. Dengan penilaian dilaksanakan pada akhir program induksi yang berlangsung selama satu tahun,” jelas M. Ismail Fahmi, S.IP., M.Si.
Sementara itu disampaikan oleh narasumber yang juga merupakan Pengawas SMP Kota Tegal, Amin Aziz, M.Pd. bahwa dalam sosialisasi ini akan disampaikan konsep, tata cara serta teknis penyampaian laporan Program induksi
“Kami akan menyampaikan dua hal, yang pertama konsep tentang program induksi, tata cara yang harus dilakukan oleh peserta dari mulai pembimbingan sampai penilainnya itu materi pertama. Kemudian materi kedua saya akan menyampaikan proses penyusunan laporan program induksi diakhir tahun nanti di bulan desember dari mulai tata cara penyusunannya isi laporannya sampai teknis penyampaian laporan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal” ucap Amin Aziz, M.Pd.



Berita terkait :




Bagikan berita ini :

Blogger WordPress WhatsApp Plurk Email Google+ Facebook Twitter Addthis

Like this :